Penamaan Anak dengan menyertakan Urutan

image

Setiap orang bahkan negara memiliki cara-caranya sendiri dalam memberikan nama kepada anak-anaknya. Namun ada yang unik setelah menyaksikan drama Jepang Atashinchi No Danshi yang mengungkapkan bahwa di Jepang secara umum dikenal juga penamaan anak dengan menyertakan urutan didalamnya, seperti Ichiro untuk anak pertama, Jiro anak kedua, dan seterusnya, yang diambil dari bahasa jepang untuk numerik. Demikian juga dengan orang-orang di Bali dahulu yang selalu menyertakan urutan ini dalam penamaan. Bukan hanya itu adat di Bali juga menyertakan jenis kelamin dalam penamaan seperti Ni untuk anak perempuan dan I untuk anak laki-laki.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah ada kaitan antara budaya Jepang dan Bali ini dalam hal penamaan anak, atau memang sudah menjadi sesuatu yang umum tidak hanya di Jepang dan Bali saja namun di seluruh daerah di seluruh dunia juga bisa jadi memiliki tradisi ini. Untuk dapat menjawab hal ini diperlukan penyelidikan lebih lanjut mengenai berbagai model penamaan dari daerah/negara lainnya.

Dalam sejarah Bali juga diungkapkan bahwa pada jaman dulu Jepang juga pernah datang dan menjajah Bali, sehingga bisa jadi penamaan ini berasal dari Jepang atau sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s