jQuery: Error illegal character, $ is not defined

Sewaktu ingin belajar menggunakan jQuery lagi tiba-tiba muncul error yang sungguh tidak dapat dimengerti, karena tidak ada penjelasan mendetail mengenai kenapa error ini terjadi, kalaupun ada penjelasannya ditulis dengan bahasa yang penulis tidak paham. Bingung awalnya karena setelah mencari diforum-forum belum banyak jawaban yang bisa diberikan untuk solusi ini dan akhirnya mencoba mencari tahu sendiri apa yang terjadi sebenarnya. Setelah lama mencari-cari dan terus mencari akhirnya ditemukan juga errornya, yang ternyata terjadi karena ada perbedaaan pengkodean karakter yang dilakukan di browser dengan file jQuery.js, dimana jQuery.js di kodekan menggunakan standar ANSI sedangkan beberapa browser menggunakan UTF-8 sebagai pengkodean defaultnya, contohnya Firefox dan Chrome. Hal inilah yang membuat Error Illegal character dan $ is not defined ini muncul.

image

image

Namun ini hanya terjadi pada browser Firefox 6, Chrome 15 dan baik-baik saja pada IE 9.

image

Setelah sekian lama mencari-cari dan terus mencari akhirnya ditemukan juga solusinya, dan solusi ini dilakukan dengan cara coba-coba saja.😉

Ada ide untuk mengganti pengkodean karakternya dari sebelumnya ANSI ke UTF-8 dan kemudian mencoba lagi menjalankannya di browser-browser tersebut dan ternyata BERHASIL🙂. Penggantian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Notepad++.

Dan ini adalah hasil tampilannya.

image

image

image

Walaupun sudah berhasil menemukan solusinya namun sampai saat ini penulis belum dapat menemukan akar permasalahannya, karena sebelumnya jQuery ini dapat berjalan dengan baik.

Referensi contoh skrip jquery diambil dari w3schools: jQuery Tutorial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s