idiom: shoot yourself in the foot

Setiap kali membaca forum C++ yang mengenal Bjarne Stroustrup mereka banyak yang mengatakan kalimat yang ditulis oleh BS di webnya, http://www2.research.att.com/~bs/bs_faq.html#really-say-that, “C makes it easy to shoot yourself in the foot; C++ makes it harder, but when you do it blows your whole leg off”. Akhirnya jadi tertarik juga untuk mencari tahu makna dari idiom ini.

Awal ketertarikan ini dimulai dari tulisan yang dibuat oleh Jasper22 di forum social.msdn.microsoft.com.

image

Dari sini dia memberikan link yang mengarah ke tulisan FAQ yang dibuat oleh BS, disana bisa kita lihat ternyata banyak juga idiom lain yang diperkenalkan oleh BS.

Arti yang pertama ditemukan berasal dari situs http://www.englishclub.com/ref/esl/Idioms/S/shoot_yourself_in_the_foot_231.htm, disana dinyatakan bahwa idiom ini berarti suatu kondisi dimana kita menyakiti diri sendiri dengan melakukan kesalahan yang pandir (silly).

image

Dari FAQ yang diberikan BS mengatakan bahwa kalimat ini dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa keberadaan C++ yang merupakan perluasan dan perbaikan dari C merupakan bahasa yang memberikan segala kemungkinan dalam pengembangan program. banyak bahasa tingkat tinggi lainnya yang menyederhanakan fitur-fitur yang ada dalam sebuah bahasa pemrograman dengan tujuan untuk memberikan programmer waktu lebih banyak untuk fokus pada penerapan algoritmanya. namun pilihannya tetap ada bahwa hanya ada dua jenis masalah didunia ini, yakni masalah yang sederhana dan yang tidak. untuk program yang kompleks permasalahan yang dianggap sederhana ini justru pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja dari program yang besar. Menyelesaikan permasalahan yang sudah sering dihadapi akan lebih mudah dari yang langka ditemui.

BS dalam pengembangannya berusaha untuk mengemas segala fitur yang mungkin untuk suatu bahasa pemrograman, sehingga setiap orang yang bekerja didalamnya dapat membuat program dengan berbagai kemungkinan cara/metode yang dimiliki, karena tidak semua metode/sudut pandang bisa cocok untuk setiap permasalahan.

 

Referensi
http://social.msdn.microsoft.com/Forums/en-IE/csharpgeneral/thread/645b6965-ebcf-43ae-a047-064af50bc6c9
http://www2.research.att.com/~bs/bs_faq.html#really-say-that
http://jeffreyhill.typepad.com/english/2009/01/idioms-in-the-news-shoot-yourself-in-the-foot.html
http://www.urbandictionary.com/define.php?term=shoot%20yourself%20in%20the%20foot
http://uk.answers.yahoo.com/question/index?qid=20070929084537AAVv4pP
http://www.englishclub.com/ref/esl/Idioms/S/shoot_yourself_in_the_foot_231.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s