Export Import Bookmark Delicious, Firefox dan Google

Bookmark merupakan suatu fasilitas yang awalnya hanya dimiliki oleh browser dan tersimpan lokal di satu komputer saja. namun dengan semakin tingginya mobilitas dari tiap user saat ini membuat teknologi bookmark yang hanya ada di satu komputer saja belum cukup untuk membantu pekerjaan user.

untuk mengatasi hal ini bermunculannya web-web yang secara gratis memberikan layanan bookmarking online yang akan menyimpan setiap bookmark ke situs mereka. ada juga yang memberikan tambahan fasilitas seperti fitur sosial dalam teknologi bookmark yang memungkinkan setiap orang berbagi bookmark yang dimilikinya. ini diberikan oleh google dengan google bookmarknya, yahoo dengan delicious-nya dan masih banyak lagi yang lainnya.

imageimage

adakalanya jika terlalu banyak layanan bookmark yang digunakan akan menemui kesulitan juga ketika mencari-cari bookmark suatu web yang lama telah kita simpan entah di layanan web yang mana. sampai akhirnya ada keinginan untuk menggabungkan semua bookmark tersebut menjadi satu. usaha penyatuan ini dimulai dengan pertanyaan layanan web yang mana yang akan digunakan untuk menampung semua bookmark tersebut. dari dua web tadi http://delicious.com/ dan http://www.google.com/bookmarks/ pilihan jatuh pada layanan miliki google, karena memungkinkan kita untuk melakukan export dan import bookmark yang telah kita buat.

tantangan berikutnya yang mesti dipecahkan adalah bagaimana memindahkan semua bookmark dari delicious ke google. untuk ini solusinya sudah diberikan oleh google sendiri melalui layanan import delicious bookmark miliknya. kemudian bagaimana dengan bookmark yang kita miliki di browser firefox, untuk ini solusinya adalah dengan menggunakan add-ons gmarks yang memiliki layanan import bookmark milik firefox ke google.

image

tantangan yang agak kompleks ditemui ketika ingin memindahkan bookmark dari satu akun google ke akun google lainnya. nah untuk ini yang perlu dilakukan adalah meng-export semua bookmark google dalam bentuk file HTML selanjutnya meng-import file tersebut ke bookmark firefox dan terakhir menggunakan add-ons gmarks kembali untuk meng-export semua bookmark tersebut ke akun google yang dituju.

semoga ini bisa membantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s