>The GIMP

>
The GIMP merupakan salah editor gambar yang juga terkenal terutama bagi pengguna linux. Terdapat beberapa penilaian interaksi yang dapat dilakukan disini :
– Desain antarmuka yang memisahkan antara setiap windownya baik toolbox, navigation bar, dan lainnya memberi kebebasan setiap user untuk menentukan sendiri aturan penempatan window yang mereka sukai. Namun, disisi lain desain seperti ini saat bekerja juga akan banyak menghalangi mata saat memproses obyek gambar yang ada, yang terjadi apabila gambar yang diproses besar. Seperti contoh diatas terlihat bahwa area gambar yang besar ini juga mengambil tempat dibelakang toolbox yang ada. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan membuat setiap window berdekatan dan memanfaatkan fasilitas zoom untuk mengatur besar kecilnya gambar.

Pengaturan window yang menempatkan tiap window berdekatan.

– Fasilitas zoom yang dimiliki juga memiliki banyak fitur dimana kita dapat memilih untuk mengatur pembesaran gambar menggunakan slider, ataupun menggunakan beberapa tombol yang ditempatkan dibawah slider sebagai beberapa pilihan opsi untuk zoom. Permasalahan akan timbul saat user ingin menentukan pembesaran tertentu ia harus berpindah ke bagian window gambar untuk mengakses fitur ini. Ini masih bisa lebih efisien jika dalam fitur zoom ini juga disertakan text box sehingga user bisa langsung memasukkan nilai pembesaran yang diinginkan.

Fasilitas zoom The GIMP

Fasilitas zoom yang ada pada area gambar.

– Fasilitas pengaturan warnanya baik opsi untuk menentukan warna sendiri menggunakan text box juga disediakan sehingga akan mempercepat proses editing, dan juga terdapat berbagai jenis pilihan warna yang diberikan seperti warna RGB, CMYK, Watercolor, Wheel, Palette, dan Scales.

Fasilitas color dari The GIMP

– Pada window untuk membuka file kita dapat memiliki beberapa cara untuk dapat mengakses file yang dimaksud, dengan menggunakan fitur Location dengan mengetikan lokasi file, atau pemilihan Places menggunakan klik mouse.

Fasilitas open image The GIMP

– Constraints yang dimiliki juga baik, dimana setiap komponen yang tidak dapat diakses akan dinyatakan dalam bentuk abu-abu (nonaktif), sedangkan untuk komponen yang dapat diakses dinyatakan dalam bentuk tulisan tampak (aktif).

Penerapan constrain oleh The Gimp

Posisi pixel tidak aktif saat kursor berada diluar gambar.

Posisi pixel aktif saat kursor berada dalam area gambar.

– Adanya pemberian feedback untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh user.

Pemberian feedback setiap event yang diberikan oleh user.

Secara keseluruhan beberapa poin berikut memberikan penilaian terhadap aplikasi ini, range nilainya berkisar antara 1-5, dimana nilai tertinggi adalah 5 untuk poin sangat baik.

Usability

Secara keseluruhan usabilitynya memiliki persentase 96.7 %.
– Effective to use : 5
Setiap operasi yang akan dilakukan jelas dinyatakan dalam langkah-langkah sesuai urutan yang ada. Contoh, apabila akan menyeleksi bagian gambar, pilih tool seleksi (rectangle ataukah ellipse) dan pilih area gambar. Demikian juga saat akan memberikan efek pada gambar,langkah-langkah umum yang dapat dimengerti dapat langsung dilakukan, pilih area gambar yang akan diberikan efek menggunakan tool seleksi, pilih menu efek yang akan diberikan pada menu filter, atur filter dan tunjukan hasilnya. Tidak adanya langkah-langkah tambahan yang perlu dilakukan sehingga dapat dikatakan efektif.

– Efficient to use : 4
Seperti dijelaskan diatas terdapat beberapa poin yang menjadikan proses editing gambar menggunakan The Gimp memiliki efisiensi yang cukup baik, dimana pengaturan layout window-window yang ada perlu mendapat perhatian lagi, juga untuk fitur zoom yang dimiliki. Namun, secara keseluruhan segala operasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

– Safe to use : 5
Dalam penggunaannya karena dalam bentuk perangkat lunak, sehingga mampu memberikan keamanan bagi setiap usernya, termasuk juga bagi sistem perangkat keras yang dimiliki, karena penggunaan memori dari aplikasi ini termasuk kecil, kurang dari 100 M.

Penggunaan memori dari The GIMP
dilihat menggunakan fasilitas Task Manager dari Windows.

– Have good utility : 5
The GIMP memiliki banyak utilitas yang dapat digunakan selama proses editing gambar, seperti berbagai tool, filter, navigasi, zoom, pewarnaan yang beraneka ragam, animasi, skrip untuk membuat filter sendiri, dan lainnya.

– Easy to learn : 5
Kemudahan dalam mempelajari ini dapat dilihat dari berbagai petunjuk yang diberikan baik berupa tips pada setiap komponen dan umpan balik / ataupun pesan yang tampak yang diberikan saat kita memberikan event pada suatu komponen.

Tool healing setelah dipilih.

Pesan yang ditampilkan saat memilih tool Healing.

Pesan perbaikan yang diberikan saat penggunaan tool Healing tidak sesuai.

– Easy to remember how to use : 5
Dimana setiap komponen yang ada memberikan petunjuk dalam bentuk umpan balik baik berupa tips, ataupun perubahan warna. Adanya pengelompokan setiap komponen yang serupa seperti pengelompokan toolbar, tool color, navigation and zoom. Setiap komponen tersebut juga memiliki icon yang berasosiasi dengannya sehingga memudahkan dalam membedakan setiap operasi yang dapat dilakukan.

User experience

Dilihat dari sisi kepuasan (satisfy / enjoyable) maka aplikasi ini mampu memberikan user-nya banyak pilihan terutama untuk efek-efek gambar yang dimiliki dan mampu mengkustomisasi efek yang dipilih. Termasuk juga dengan beragamnya dukungan terhadap format-format gambar lainnya termasuk yang dimiliki oleh Photoshop.
Adanya kemungkinan untuk mengkustomisasi setiap efek yang diberikan akan mampu mendukung kreativitas (supportive of creativity) dalam editing gambar. Termasuk juga dengan dukungan script efek yang memungkinkan user untuk membuat efek baru (exciting).
Dengan dokumentasinya yang lengkap mampu memberikan banyak jawaban atas berbagai permasalahan yang dialami oleh user (helpful).
Kesan menggangu (annoying) dari The GIMP ditemui saat akan mengedit gambar yang besar hingga memenuhi keseluruhan layar, karena pandangan pada gambar akan tertutupi oleh window-window lainnya.
Secara keseluruhan aplikasi ini dapat dikatakan menyenangkan untuk digunakan dengan melihat faktor-faktor diatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s