>PHP Startup: Unable to load dynamic library php_mysql.dll

1 menit

>Sering terjadi kesalahan seperti diatas pada saat kita ingin mengaktifkan modul MySQL. Beberapa penyebab yang dapat diungkapkan disini adalah :

1. Lokasi direktori tempat menyimpan library ekstensi PHP belum didefinisikan pada file php.ini dengan nama extension_dir. Biasanya untuk PHP 5 keatas direktori extension-nya adalah ext. Contoh : extension_dir = ‘C:/php/ext/’

2. Lokasi library MySQL (libmysql.dll) yang belum bisa ditemukan oleh Apache Library Loader. Biasanya ditempatkan di C:\WINDOWS\System32 atau C:\WINDOWS atau pada direktori Apache C:\Apache2\bin.

Gut Luck…Semoga tutorial singkat ini bisa membantu… 😉

2 tanggapan untuk “>PHP Startup: Unable to load dynamic library php_mysql.dll”

  1. >Kalau kita asumsikan bahwa instalasi yang dilakukan sudah sesuai rekomendasi PHP, maka masalah di atas pun sebaiknya diselesaikan sesuai rekomendasi PHP. Masalah di atas terjadi karena path instalasi PHP kita tidak bisa ditemukan walaupun kita sudah memasukannya ke dalam environment variables PATH milik Windows. Untuk mengatasi hal ini, kita cukup restart Windows kita sehingga perubahan pada environment variables PATH itu benar-benar dilakukan oleh Windows.Informasi lengkap mengenai hal ini dapat dilihat di sini: http://www.php.net/manual/en/faq.installation.php#faq.installation.addtopath.Sesuai URL-nya, informasi itu resmi dari situs PHP. Copy file apa pun ke direktori %WINDOWS% atau %WINDOWS%\System32 sangat tidak disarankan.Semoga membantu.

    Suka

  2. >Terima kasih atas masukkannya mas amir, jadi tambah pengetahuan nih.. saya mendapat masalah tersebut sewaktu mengembangkan web server portable.

    Suka

Tinggalkan komentar

Trending